6 Cara Mengatasi Depresi

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang ditandai dengan perasaan sedih yang mendalam dan kehilangan minat terhadap hal-hal yang disukai. Seseorang dinyatakan mengalami depresi apabila suda 14 hari merasa sedih, putus asa, atau tidak berharga.

Lantas, bagaimana cara mengatasi depresi? Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya dibawah ini.

1. Menetapkan Tujuan

Pada saat seseorang mengalami depresi, mereka akan cenderung merasa tidak mampu untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan harus dibuat walaupun tujuan tersebut terlihat kecil. Pastikan tujuan yang dibuat realistis dan yakin bisa dicapai, misalnya membersihkan rumah setiap hari. Hal ini akan membuat penderita depresi lebih tertantang untuk menambak target di hari selanjutnya.

2. Melakukan Olahraga

Berolahraga merupakan salah satu cara yang bauk untuk bangkit dari keterpurukan. Pasalnya, olahraga mampu meningkatkan bahan kimia dalam tubuh seperti endorphin. Endorfin adalan zat senyawa yang akan membawa seseorang merasakan kebahagiaan atau lebih baik. Tidak perlu olahraga yang berat, lakukan olahraga ringan seperti berjalan santai beberapa kali dalam seminggu.

3. Makan Sehat

Penderita depresi cenderung mengurangi atau menambah porsi makan dalam jumlah yang berlebihan. Tentunya hal ini tidak baik untuk kesehatan tubuh. Untuk makanan yang sehat anda bisa mengonsumsi makanan kadar lemak rendah. Bagi anda yang memiliki masalah kolesterol, maka sebaiknya anda harus menghindari makanan dengan kadar lemak tinggi seperti mentega, goreng-gorengan, dan lain sebagainya. Sebaliknya, anda harus memilih makanan dengan kadar lemak yang rendah.

Ada banyak makanan yang kadar lemaknya rendah, salah satunya adalah ikan putih tanpa lemak. Ikan putih, tanpa lemak termasuk ikan haring, ikan kod, dan ikan sardens. Semua jenis ikan tersebut termasuk makanan rendah lemak, mengandung sedikit kalori dan merupakan sumber protein berkualitas tinggi.

Selain itu, ikan ini juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral penting, termasuk vitamin B12, fosfor, selenium, dan niasin.

4. Membentuk Pikiran Positif

Depresi merupakan suatu penyakit yang menyerang mental seseorang. Maka dari itu, mengubah pola pikir penderita depresi adalah hal yang cukup berat. Namun, bukan berarti tidak mungkin untuk bisa mengubah pola pikir tersebut. Mereka perlu dukungan serta latihan untuk mampu mengubah pemikiran negatif menjadi pemikiran yang lebih positif.

5. Seringlah Bernafas Dalam – Dalam

Bernapas merupakan sesuatu yang biasa bagi setiap orang. Akan tetapi, sudahkah anda bernapas dengan cara yang tepat dan sehat? Sebagian besar dari anda mungkin belum mengetahui cara bernapas yang benar sebab hanya bernapas dangkal. Layaknya seperti seorang atlet yang dilatih teknik pernapasan yang tepat guna mendapatkan performa terbaik mereka. Sebuah tarikan napas yang penuh, dimana anda benar-benar mengisi paru-paru dengan oksigen akan membuat anda menjadi lebih segar dan bergairah. Dengan demikian, hidup anda akan jauh lebih sehat dan terhindar dari depresi.

6. Lakukan Lebih Banyak Aktivitas Di Luar Rumah

Bagi anda yang lebih sering melakukan banyak aktivitas di dalam ruangan seperti di kantor atau rumah tentunya hal ini akan membuat anda jenuh, stress, bahkan depresi. Nah, untuk terhindar dari masalah tersebut, ada baiknya meluangkan waktu, mungkin di akhir pekan bersama teman atau keluarga untuk merencanakan lebih banyak aktivitas di luar ruangan yang akan membuat anda berada di bawah sinar matahari dan udara segar. Tentunya hal ini sangat baik untuk kesehatan anda sehingga terhindar dari ganggguan mental.

Posted in Uncategorized